Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Hati Hati Membawa Hati

Written By Rudianto on Jumat, 20 Mei 2011 | 11.16


Hati ada 3 jenis: Hati hidup, hati mati dan hati yang sakit. Hati yang hidup hati yang sehat yaitu hatinya orang-orang yang beriman. Hati yang mati adalah hatinya orang-orang kafir. Adapun hati yang sakit hatinya orang muslim yang banyak maksiat.

Hati yang sehat ialah hati yang bersih dari berbagai syahwat yang menyalahi perintah Allah.

Bebas dari syubhat yang bertentangan dengan arahan Allah. Mencintai Allah dan Rasul,

mentaati, tunduk dan patuh. Bertawakkal kepada Allah dan mengutamakan mencari

keridhoan Allah. Hati yang mati, tiada kehidupan di dalamnya. Tidak mengenal Allah, tidak beribadah kepada Nya, tidak peduli pada ridho atau murka Nya demi menuruti hawa nafsu. Mencintai atau membenci bukan karena Allah tapi karena nafsunya. Hawa nafsulah pemimpinnya, syahwat komandannya, kebodohan sopirnya dan kelalaian adalah kendaraannya.

Hati yang sakit, yaitu hati yang sebenarnya memiliki kehidupan, namun di dalamnya tersimpan benih-benih penyakit. Kadang ia hidup dan kadang pula berpenyakit, tergantung ketahanan hatinya.

Keadaan hati yang pertama tersebut putih dan memancarkan cahaya keimanan. Jika dihadapkan

dengan fitnah maka ia menolaknya. Itulah hati murni yang di dalamnya terdapat pelita yang menyala, yaitu hati orang- orang mukmin.

Keadaan hati yang kedua juga disebut hati yang tertutup dalam kemasan hitam yaitu hati orang-orang kafir. atau juga disebut hati yang terbalik yaitu hati orang-orang munafik. Keadaan hati yang ketiga bisa menimpa orang-orang muslim yang kurang waspada dalam menjaga kesehatan dan

kebersihan hatinya sehingga mudah dihinggapi penyakit. Jika semakin parah bisa mati ataupunterbalik.

Hati Sehat dan Ciri-Cirinya:

1 . Menerima kebenaran, selalu mengajak dirinya untuk mengetahui yang haq dan ittiba' kepadanya.

2. Cinta kepada al-Haq dan lapang dada terhadap Islam. Ia senantiasa merindukan untuk dapat mengabdikan diri di jalan Allah (berkhidmat), seperti rindunya seseorang kepada orang yang dicintainya.

3. Selalu menyambut seruan iman dan cinta kepada hal-hal yang menambah kekuatan iman. Jika ia tertinggal wiridnya dari Al-Qur'an atau Dzikrullah atau tidak melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT., maka ia merasa gelisah dan kecewa melebihi gelisahnya orang yang kehilangan hartanya.

4. Memiliki keyakinan yang kokoh yang tidak diguncangkan keraguan. Hatinya lembut dalam menghadapi peringatan Allah. Cita-citanya hanya satu, yaitu bagaimana agar bisa selalu taat kepada Allah SWT.

5. Bila sedang melakukan shalat, maka sirnalah semua kegundahannya pada kenikmatan dunia yang semu. Di dalam shalat telah ia temukan kenikmatan dan kesejukan jiwa yang suci.

6. Sangat menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakannya dari Dzikrullah, melebihi rasa khawatirnya seseorang yang kehilangan hartanya.

7. Lebih mengutamakan pada pencapaian kualitas atas suatu amal perbuatan daripada kuantitasnya. Ia lebih condong pada keikhlasan dalam beramal, mengikuti petunjuk syari'at Rasulullah SAW. dan ihsan beribadah.

8. Condong ke akhirat sebagai tempat yang abadi dan menghindarkan diri dari dunia yang menipu dan mempersiapkan diri untuk kematiannya sebelum ia mati, seakan-akan dia telah meninggalkan dunia ini dan menetap di kampung akhirat sehingga ia rasakan di dunia ini sebagai orang asing

yang singgah sebentar untuk mengambil sekedar keperluannya lalu kembali ke kampung akhiratnya.