Rabu, 01 Agustus 2012

Umar Bin Khattab (Episode 10)

Tahun 12 Hijriah, sekelompok orang dari Yathrib datang ke Mekah diketuai oleh Asaad bin Zurarah dan Ubadah bin Samit. Mereka datang untuk menemui Nabi Muhammad untuk menghijrahkan diri memeluk agama Islam dan meminta nabi untuk mengutus seseorang mengajarkan Islam di Yathrib. Nabi mengutus Mus'ab bin Umair sebagai mubaligh di Yathrib.
 
Sesampainya di Yathrib, Mus'ab lalu mengajarkan ajaran Islam kepada penduduk Yathrib, di antara mereka ada Ummu Sulaim, Ibu dari Anas bin Malik yang akan menjadi sahabat Nabi di Yathrib.

Di Yathrib, di depan rumah Saad bin Mu'adh, para tetua suku berkumpul membicarakan kedatangan Mus'ab yang membawa ajaran Islam. Mereka tak ingin ajaran Islam sampai pada mereka dan meminta Usaid, salah satu tetua suku, untuk mengatakannya pada Asaad.

Usaid mendatangi Saad dan Mus'ab dan meminta mereka untuk menghentikan penyebaran ajaran Islam. Oleh Mus'ab, Usaid diajak untuk mendengarkan bacaan Al-Qur'an dan memintanya untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Setelah mendengarkan, Usaid justru tertarik dan ingin menghijrahkan diri memeluk agama Islam.

Saat kembali, Usaid berkata pada Saad bahwa dia mendengar klan Harithah akan membunuh Asaad yang merupakan kemenakan Saad. Saad tak terima dan bergegas mencari Asaad.

Ketika bertemu, Saad curiga karena tak terjadi apa-apa pada Asaad. Dia baru sadar bahwa Usaid hanya menipunya agar mau datang menemui Mus'ab. Oleh Mus'ab, dia ditawari untuk mendengarkan bait-bait Al-Qur'an dan mengambil yang baik serta meninggalkan yang buruk darinya.

9 komentar:

  1. D6BBDBritneyFC11815 April 2024 pukul 18.30

    0EE19
    ----
    ----
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----

    BalasHapus