Kamis, 02 Mei 2013

Makna Berlindung Kepada Allah


أَعُوْذُ بِاللهِ (aku berlindung kepada/ dengan Allah). Berlindung kepada Allah artinya memohon perlindungan kepada Allah dengan apa dan bagamana pun caranya Allah melindungi. Berlindung dengan Allah artinya menjadikan Allah sebagai benteng perlindungan yang sekuat-kuatnya. 
مِنَ الشَّيْطَانِ (dari syaithan), dari godaan, tipuan, kedengkian, cekikan, syair-syair dan segala sifat, perilaku dan tipu daya syaithan. Syaithan adalah sifat yang melekat pada setiap jin dan manusia yang membangkang perintah Allah.
 
الرَّجِيْمِ (yang terkutuk/ dirajam). Syathan bukan saja dikutuk dengan dijauhkan dari rahmat Allah dilaknat dan didoakan celaka, tetapi memang ia rajim (dirajam) dengan batu sampai mati, seperti firman Allah:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِّلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ
Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar (perajam) syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (al-Mulk: 5). Sekaligus ayat ini menginformasikan kepada kita beberapa hal antara lain:
1. Betapa Agungnya Allah dengan segala kekuasaannya, di mana Ia menghiasi langit yang paling dekat dengan bintang-bintang sehingga tampak indah mempesona
2. luasnya jagat raya ini, di mana bintang-bintang berada di langit paling dekat
3. syaithan dirajam dengan bintang, menunjukkan ukuran besar syaithan dimaksud.

Kapan syaithan dirajam dengan bintang? (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar