Jumat, 03 Juli 2020

Materi 5: Apa Itu Ruqyah?

๐Ÿ‘ฅ *Group WA Terapi Ruqyah Syar'i*
════ ❁✿❁ ════
๐Ÿ“– Kajian dari Kitab "Ruqyah dalam Shahih Bukhari"

Materi 5:
๐Ÿ–Š *APA ITU RUQYAH*

๐Ÿ‘‰Secara bahasa, _ruqyah_ artinya *mantra, jampi-jampi, Suwuk, atau doa.*

๐Ÿ‘‰Secara istilah, ruqyah adalah *membacakan mantra atau doa-doa kepada seseorang atau suatu tempat dengan tujuan untuk menghilangkan gangguan jin.*

Dalam satu hadits disebutkan,

 ุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ุฃَุจُูˆ ุงู„ุทَّุงู‡ِุฑِ ุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ุงุจْู†ُ ูˆَู‡ْุจٍ ุฃَุฎْุจَุฑَู†ِูŠ ู…ُุนَุงูˆِูŠَุฉُ ุจْู†ُ ุตَุงู„ِุญٍ ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุจْู†ِ ุฌُุจَูŠْุฑٍ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠู‡ِ ุนَู†ْ ุนَูˆْูِ ุจْู†ِ ู…َุงู„ِูƒٍ ุงู„ْุฃَุดْุฌَุนِูŠِّ ู‚َุงู„َ ูƒُู†َّุง ู†َุฑْู‚ِูŠ ูِูŠ ุงู„ْุฌَุงู‡ِู„ِูŠَّุฉِ ูَู‚ُู„ْู†َุง ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูƒَูŠْูَ ุชَุฑَู‰ ูِูŠ ุฐَู„ِูƒَ ูَู‚َุงู„َ ุงุนْุฑِุถُูˆุง ุนَู„َูŠَّ ุฑُู‚َุงูƒُู…ْ ู„َุง ุจَุฃْุณَ ุจِุงู„ุฑُّู‚َู‰ ู…َุง ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ูِูŠู‡ِ ุดِุฑْูƒٌ

Telah menceritakan kepadaku Abu Ath Thahir; Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb; Telah mengabarkan kepadaku Mu'awiyah bin Shalih dari 'Abdur Rahman bin Jubair dari Bapaknya dari 'Auf bin Malik Al Asyja'i dia berkata; *"Kami biasa melakukan mantera pada masa jahiliyah. Lalu kami bertanya kepada Rasulullah ๏ทบ; 'Ya Rasulullah! bagaimana pendapat Anda tentang mantera? ' Jawab beliau: 'Peragakanlah manteramu itu di hadapanku. Mantera itu tidak ada salahnya selama tidak mengandung syirik.'* (HR. Muslim no. 4079) 

๐Ÿ‘‰Berdasarkan hadits di atas, dapat dipahami bahwa ruqyah itu ada dua, yakni *ruqyah syar'iyah* dan *ruqyah syirkiyah*. Yang dirnaksud dengan _ruqyah syar'iyyah_ adalah *ruqyah yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam, tidak menggunakan bantuan jin (hanya membacakan ayat-ayat Al-Qur'an dan do'a-do’a yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.* Ruqyah ini dapat dilakukan oleh setiap orang mukmin dan ilmunya tidak boleh dirahasiakan. Sedang yang dimaksud dengan _ruqyah syirkiyah_ adalah *ruqyah yang mengandung kemusyrikan, karena ruqyah ini menggunakan bantuan jin, padahal saling bekerja sama dengan jin hukumnya haram*. 

_Ruqyah syirkiyah_ biasanya dilakukan oleh dukun, paranormal, orang tua, orang pintar, dan bahkan juga sebagian kyai pun mempraktekkan ruqyah ini.

Selanjutnya : *CIRI-CIRI GANGGUAN JIN*
-------------------------------
Sumber :
๐Ÿ“š Ruqyah Syar'iyyah wa Thibu wa 'Ilaju Mashur min Shahih Bukhari wa Fathul Bari 
๐Ÿ–Š M. H Muhammad Hasan Ismail
Editors & Share :
๐Ÿ“ฎ Rudi Abu Azka
Penerjemah : Tim Pustaka Ruqyah 
๐Ÿ“ป *Terapi Ruqyah Syar'i*
๐Ÿ“šPUSTAKA RUQYAH
๐Ÿ“ฎRudi Abu Azka
Link web:| www.komunitasbelajarruqyah.Blogspot.com
www.abuazkacollection.blogspot.com

Bergabung di grup bedah kitab : https://chat.whatsapp.com/KQBgJGt9DoY7xiMzS7PjzZ
---------- ๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด -----------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar