Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Ubuntu ME Sabily Manarat 10.04

Written By Rudi Abu azka on Kamis, 12 Agustus 2010 | 09.22



Akhirnya Sabily terbaru keluar ,dengan codename "Manarat" (versi 10.4) yang punya boot time yg super cepat (sekitar 10 detik, mantep). Alhamdulillah saya download file nya yang 3 Giga dengan SMART EVDO REV A. Padahal saya sendiri sudah pasang Sabily "Gaza", baik di netbook maupun laptop, dan sudah saatnya di upgrade, sayangnya kalau download file sizenya 3 Giga, sahabat bisa nungguin tuh 2 hari dua malam mau download sampe kapan ini -,-. Tenang saja bagi sahabat yang berminat bisa hubungi ana saja, ana siap bag-bagi DVD nya.

Alhamdulillah, Team Sabily Internasional dengan bangga mengumumkan "code name" untuk distribusi Sabily 10.4 adalah "Manarat"

Sekilas Manarat

Manarat adalah suatu bentuk arsitektur yang mencolok dan menarik dari sebuah masjid. Berbentuk seperti menara yang lebih tinggi dari struktur pendukung terkait. Manarat tersebut dibangun dengan memperhatikan aspek visual sehingga dapat digunakana untuk panggilan untuk Sholat (Adzan)

Sabily 10.04 Code Manarat memiliki harapan agar Sabily dan menjadi "Mercu Suar" untuk mengenalkan Islam ke seluruh dunia.

Ubuntu Muslim Sabily Manarat 10.04 adalah system operasi gratis, open source yang berasal dari system operasi Ubuntu 10.04, akan tetapi Ubuntu Muslim Sabily posisinya berdiri sendiri.

Pengembang distro khusus Muslim berbasis Ubuntu Linux luncurkan versi Sabily 10.04, dengan nama kode "Manarat". Sabily 10.04 menggunakan versi Ubuntu yang sama 10.04 Lucid Lynx sebagai basis pengembangannya.



Seperti pada rilis-rilis sebelumnya termasuk sejak bernama Ubuntu Muslim Edition, kali ini Sabily 10.04 juga mengemas paket software umum (office,multimedia,grafis dll) dan khusus untuk kegiatan beribadah termasuk untuk pembelajaran Quran, jadwal sholat dan lainnya. Paket-paket software yang ditingkatkan termasuk versi Zekr 0.7.6 dan Thawab 3. Software bawaan Ubuntu 10.04 juga telah diperbaharui ke versi terkini.

Kecuali itu, Sabily 10.04 menyertakan aplikasi penyaring konten GNOME Nanny parental-control yang dapat digunakan untuk melindungi anak dengan menangkal konten negatif saat berselancar di Internet. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pembatasan waktu mengunakan email, chatting dan waktu untuk berselancar, termasuk penentuan jadwal kapan aktifitas tersebut diperbolehkan.
ini adalah fitur2 baru yang ada , diambil dari webnya:

What's new:
- New "Manarat" pictures and wallpapers
- Zekr 0.7.6
- Thawab 3
- New offline recitation: Al-Muaiqly (48kbps)
- New parental web control application: nanny

New from Ubuntu 10.04:
- new look (new theme, window management buttons on the left)
- Integrasi tools untuk jejaring sosial seperti Twitter, identi.ca, Facebook, dan jejaring sosial lainnya dengan MeMenu di panel
- 2.6.32 Linux kernel, GNOME 2.30
- improved support for nVidia proprietary graphics drivers
- removal of the previously deprecated HAL package (faster boot)
- OpenOffice.org office suite 3.2 (now branded as Oracle)
- Firefox 3.6.3
- Simple Scan, a new simple scanning application.
- PiTiVi movie editor, which can trim and combine clips, add transitions and so on.


kalo diliat2 sepertinya gak banyak berubah dari versi "Gaza", selain software-software baru dan sepertinya memang versi ini mengincar performance yang cepat dan tampilan yang lebih "wow" dari terdahulunya (padahal yg sekarang aja udah cepet banget)


2 komentar:

Bang Said mengatakan...

Salam

Saya sangat tertarik dg OS ini. Gimana caranya saya bisa mendapatkannya ?

Trus, bisa ngga diinstall di Netbook dengan processor Intel Atom?
Atau Sabily punya edisi khusus netbook layaknya Ubuntu 10.04?

Terima Kasih

akhrudianto mengatakan...

Salam, bang Said, kami sudah uji cobakan OS Sabily Manarat PC 1386 ini di Netbook Intel Atom bahkan bisa dual booting dengan windows Xp atau Win 7, dalam paket kami sertakan installasi nya. Bagi yg berminat silahkan kontak kami di 081319107800. Terima kasih.

Posting Komentar