Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Bi Qur'an Plus Tafsir Ibnu Katsir

Written By Rudianto on Selasa, 05 Agustus 2014 | 05.47

Aplikasi alquran yang kita bahas ini adalah Complete Quran (Indonesia). Aplikasi ini disajikan secara FREE. Dan hanya tersedia untuk Smartphone Android.
Berikut ini adalah Fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Android Complete Quran (Indonesia):
- Perbesar huruf Quran
- Tafsir Ibnu Katsir
- NEW: Pencarian cepat dari menu “Menuju”
- Install ke SD card
- Post ke wall Facebook (ayat > 420 karakter akan di posting ke notes karena FB hanya membolehkan maksimal 420 karakter pada wall)
- Mode landscape (ubah dari menu “Setelan”)
- Tweet ke Twitter**
- Pilihan screen tetap menyala
- Donasi ke bank lokal, lihat http://www.badr-interactive.com/id/donasi
- Mencari di terjemahan dan tafsir
- Menuju ayat tertentu
- Menuju halaman tertentu
- Menuju juz tertentu
- Halaman berdasarkan mushaf Utsmani
- Pembatas Juz
- Ukuran huruf Latin bisa diatur
- Tampilkan/Sembunyikan ayat
- Tampilkan/Sembunyikan terjemah
- Bookmark yang terkategori
- Banyak Bookmark Kategori

- Tampilkan/Sembunyikan bookmark
- Warna bookmark bisa diatur
- Email ayat
- Email tafsir


Aplikasi Complete Quran (Indonesia) ini selain lengkap, fiturnya seabrek-abrek, flexibel dan juga sangat user friendly. Cocok banget buat masbro dan mbaksis sekaliyan yang ingin selalu akrab dengan Al Qur’an. Apalagi pakai yang donasi biar berkah semuanya.

Pada awal di publish nya aplikasi Al-quran buatan lokal ini memang belum begitu sempurna. saya masih prefer pake aplikasi lain seperti iQuran. Kekurangan Complete Quran (Indonesia) ini ialah seperti: Bahasa Tafsir nya masih campur-campur gitu deh, semacam bahasa malaysia atau semacam bahasa Indonesia yang di translate pake google Translate. Jadi ya kurang mudah di pahami gitu deh. Tapi saya yakin kedepannya aplikasi ini akan semakin baik, itu dibuktikan dengan beberapa change log berupa daftar perbaikan-perbaikan pada versi sebelumnya yang kini menjadi lebih baik dan lebih enak digunakan.
Kelebihan:
+ Simple dan mudah digunakan
Share berupa tulisan (Arab dan Indonesia)
+ Fasilitas yang cukup lengkap
+ Fasilitas pengaturan (setting) yang mumpuni
+ Dan lain-lain

Kekurangan:

Aplikasi ini hanya memiliki sebuah kekurangan, yaitu tafsir yang berbahasa Inggris. Sebenarnya pada versi sebelumnya aplikasi ini memiliki tafsir bahasa Indonesia. Setelah membaca deskripsi dari aplikasi ini di halaman download google play, ternyata ada banyak kesalahan translasi dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Oleh karena itu oleh developer dikembalikan ke dalam bahasa Inggris. Dan developer membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin berkontribusi menerjemahkan tafsir ke dalam bahasa Indonesia dengan cara mengirim email kepada developer melalui halaman "Tentang" (keterangan lebih lanjut silahkan baca deskripsi aplikasi di sini).

Kesimpulan:
Dari fasilitas, kelebihan dan kekurangan di atas dapat kita simpulkan aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat bermanfaat dan memiliki fasilitas yang sangat mumpuni. Dari itu saya merekomendasikan aplikasi ini untuk Anda yang membutuhkan aplikasi Quran digital untuk perangkan Android Anda

Nama : Complete Quran (Indonesia)
Tahun dibuat : 2013
Ukuran file : 6,1 Mb
Ekstensi : .apk
Developer : Badr Interactive
Situs : badr-interactive.com


Untuk Update Materi dari Tafsir Ibnu Katsir bisa Kunjungi di http://ibnukatsironline.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar