Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Operating System Islami: BlankOn Sajadah

Written By Rudianto on Kamis, 02 September 2010 | 16.14



Berawal dari seorang sahabat yang SMS mengenai balnkOn Sajadah, penasaran saya coba cari-cari informasinya dan dapatlah infonya dari http://sajadah.blankonlinux.or.id/ Walau terlambat dalam menginformasikan, tapii mudah-mudahan bermanfaat buat sahabat semua.

Saudara se-islam di Indonesia membangunkan satu distro linux islami yang dinamakan BlankOn Sajadah yang memiliki software Islami (seperti sabily) dan menggunakan bahasa indonesia. Kelihatannya distro sajadah ini adalah dibuat berasaskan kepada distro BlankOn Linux juga dikembangkan oleh komunitas linux indonesia yaitu apa yang dipanggil Yayasan Pengerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn.

Sekilas mengenai BlankOn Sajadah

BlankOn Sajadah adalah salah satu racikan (varian) BlankOn Linux yang memuat berbagai perangkat lunak Islami. Paket-paket yang disertakan antara lain pengingat waktu sholat, arah kiblat, Al Qur'an dan terjemah, tartil Qur'an, pembaca hadist dan Kalender Hijriyah.
Fitur

BlankOn Sajadah yang berbasiskan BlankOn 6.0 Ombilin mempunyai fitur dasar yang disertakan dalam BlankOn Ombilin edisi regular, seperti Aksara Nusantara, Chromium, Stardict dll yang ditambah dengan Fitur khas Islami seperti:
QiOO - Al Quran di OpenOffice,
Zekr - Al Qur'an terjemah dan suara tartil daring dan luring - online/offline (6.1),
Othman Quran dan Noor - Peramban Al Quran
Minbar - Pengingat waktu sholat,
Peramban Internet Chromium
Peramban Internet Firefox + addon penginat sholat dan webstrict,(6.1 dihilangkan)
Stellarium - aplikasi melihat tata surya / planetarium,
Dukungan penulisan huruf arab,
Penyaring konten negatif webstrict dansguardian,(6.1 dihilangkan)
DNS Nawala - DNS Penyaring domain berkonten negatif,
Hijra - Kalender Islam,
Monajat - Aplet penampil Doa-doa,
Thawab - Ensiklopedi dan penampil ebook hadis dan kitab,
Hadis-Web - Kumpulan hadis hadis Bukhori, Muslim dll

Sreenshot







Bagi sahabat yang ingin download KLIK DISINI

Bila kesulitan hubungi admin Nurisfm.

1 komentar:

samara17 mengatakan...

wah inovasi yg mantap, thanks infonya sob.

Posting Komentar