Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Al Qur'an Digital Al Hadi

Written By Rudi Abu azka on Selasa, 19 Maret 2013 | 10.21

Alhamdulillah, Pujian yang sempurna hanyalah untuk Allah dan milik Allah. Salawat dan salam dipanjatkan untuk Rasulullah.
Ketika al-Qur’an diakui dan disepakati oleh ummat Islam sebagai firman Allah yang Maha Benar, jauh dari kesalahan dan kekeliruan. Diturunkan kepada Muhammad saw untuk dijadikan bacaan sekaligus petunjuk untuk seluruh manusia, agar mereka dapat mengarungi kehidupan dengan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.
Menyadari akan kedudukan al-Qur’an yang tinggi, manfaat al-Qur’an yang sangat besar dan al-Qur’an juga merupakan petunjuk bagi semua orang dari semua lapisan masyarakat, maka berdasarkan keyakinan itu memahami al-Qur’an menjadi suatu keniscayaan, kewajiban dan kebutuhan. Kebutuhannya tidak pada tahapan skunder, tapi sudah kebutuhan primer, mendesak dan urgen.

Ketika kata orang “dunia semakin gila”, arus informasi semakin tidak bisa dibendung, maka membentengi diri agar tetap kokoh dalam sendi-sendi agama harus diupayakan.  Semua ulama sepakat bahwa benteng terkokoh untuk menjaga keimanan adalah kembali kepada ajaran al-Qur’an dan Hadis.

Namun sayangnya, semua itu terkendala dengan realita yang kita lihat di tanah air, interaksi yang aktif antara seorang muslim dengan al-Qur’an terhambat dengan dua faktor utama: Al-Qur’an yang belum dihafal dan bahasa Arab yang kurang dimengerti. Jika kendala ini bisa diatasi, maka menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup akan lebih mudah.

Dua kendala besar itu sudah lama diupayakan oleh banyak ulama di tanah air. Pesantren Tahfiz sudah didirikan,  metode menghafal al-Qur’an dengan mudah sudah ditulis dan diperkenalkan. Hasilnya, sedikit banyaknya sudah nampak, sayang tingkat presentasenya belum sampai 5 % dari populasi muslim tanah air.
Kemajuan teknologi rupanya membawa berkah tersendiri buat ummat islam. Melalui media ini mereka bisa lebih akrab dengan ajaran agamnya. Pusat Kajian Hadis yang konsen dengan perkembangan ilmu keislaman yang dipadukan dengan teknologi, menghadirkan produknya yang ke-3 tentang al-Qur’an. Kali ini datang untuk melengkapi kebutuhan ummat Islam akan ilmu alat (media) yang akan mendekatkan mereka kepada al-Qur’an, menjadikan mereka mudah untuk membaca al-Qur’an, memahami al-Qur’an dan mengkaji al-Qur’an, merujuk dan mencari jawaban dari al-Qur’an.

Alhamdulillah, Pusat Kajian Hadis sudah menyelesaikan program al-Qur'an al-Hadi versi 1.1, dengan fitur-fitur sebagai berikut:
  1. al-Mushaf: bisa dibaca sebagaimana layaknya al-Qur’an cetak.
  2. al-Qur’an dan Terjemahannya: Teks al-Qur’an dan terjemahannya bisa langsung terlihat.
  3. Indeks Tematik al-Qur’an: Bisa membaca dan melihat tema isi kandungan al-Qur’an dalam bentuk skema besar, lebih detil dan lebih detil lagi, sampai akhirnya ditunjukkan ayat beserta arti tema berkaitan, dilengkapi suara Qori’.
  4. Mencari Ayat dengan teks al-Qur'an, Arab.
  5. Mencari Terjemah dengan teks Indonesia.
  6. Mencari Tema dengan teks Indonesia.
  7. Dapat mempelajari Bahasa Al-Qur’an, kata demi kata, sambil  menyimak bacaan Qori ‘ kenamaan.
  8. Dapat Mendengar al-Qur’an secara utuh dengan 3 Qori ‘ kenamaan (Syeikh al-Hushori, Syeikh al-Khuzaifi, dan Syeikh Sudais)
  9. Dapat menandai/mencatat bacaan tadarus, sehingga dapat diketahui seberapa banyak bacaan al-Qur’an anda untuk masa tertentu.
  10. Dapat membaca Tafsir (Jalalain & Ibnu Katsir) dan Asbabun Nuzul.
  11. Dapat melihat dan membaca Hadis-hadis Keutamaan al-Qur’an.
Kesemua kemudahan diatas, terangkum dalam satu perogram yang terintegrasi. Hasilnya, seseorang tidak perlu lagi membuka program lain, atau menserch di situs pencarian untuk menemukan dalil yang dicari, akan tetapi cukup dengan klik, maka jawababnya akan muncul.
Dengan kelebihan-kelebihan di atas, kami berharap program ini ada di setiap Laptop dan PC seorang muslim. Mereka dapat berinteraksi dengan al-Qur’an lebih mendalam lagi.
Program al-Qur'an al-Hadi akan dijadikan program wakaf untuk umat islam, sehingga isinya bebas dicopy .

Ingin Memiliki CD ini, Silahkan Donasi Sebagian Rizki anda dan Miliki DVD Al Qur'an Digital Al Hadi cukup : RP  25.000,- sudah termasuk ongkos kirim.


SALURKAN INFAK DAKWAH ANDA UNTUK RADIO BANK BTN 00399-01-50-000110-1 AN RADIO KOMUNITAS NURIS FM. Hubungi Admin di 085716863625.



dan disebarluaskan ke-semua orang, selama tidak untuk kepentingan komersil.

0 komentar:

Posting Komentar