Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

DVD Interaktif: Indeks Tematik al-Quran

Written By Rudianto on Sabtu, 14 Januari 2012 | 11.04


Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam tidaklah diperdebatkan oleh umatnya. Al-Qur'an berfungsi sebagai petunjuk, penjelas, pengingat, obat dan syafa'at buat umat Islam, juga tidak diperselisihkan. Untuk kepentingan tersebut maka al-Qur'an harus diamalkan ajarannya, baik berupa larangan maupun perintah, juga tidak disangsikan. Lalu jalan untuk mencapai hal itu adalah dengan membaca, memahami, mengerti dan mengkaji adalah suatu keniscayaan.

Pertanyaan dari kesepakatan tadi adalah: Sudah sejauh mana hubungan dan keakraban kita dengan al-Qur'an? Sudah sampai tahap apa kedekatan kita dengan al-Qur'an? Apakah baru sekedar membacanya? Atau sudah meningkat menjadi menghafalnya? Lalu sudahkan kita mempelajarinya dengan mencoba mengerti, memahami dan mengkajinya lebih dalam lagi? Lalu sudah sejauh mana al-Qur'an itu menjadi pedoman dan tuntunan dalam hidup kita?

Sudah menjadi takdir dan kehendak Allah swt menurunkan al-Qur'an dalam bahasa Arab, dan sudah menjadi suratan juga bahwa orang Indonesia berbahasa ibu bukan bahasa Arab. Walhasil, buat mayoritas mutlak orang Indonesia, ada dua permasalahan di sini, besaran al-Qur'an dan bahasa yang digunakan.

Realitas yang ada, mayoritas mutlak orang muslim Indonesia tidak hafal al-Qur'an dan tidak mengerti bahasa Arab.

Melalui Indeks Tematik al-Qur'an Digital ini, problem diatas sedikitnya sudah bisa diatasi. Pengguna akan dengan mudah melihat masalah dan bahasan yang ada dalam al-Qur'an, demikian pula dengan pencarian tema tertentu. Melalui pintu tema Aqidah, Akhlak, Fiqh, Ilmu, Kisah, Alam Dunia, Alam Ghaib dan Alam Akhirat, semua pokok bahasa al-Qur'an terkandung di dalamnya. Langkah berikutnya adalah, ayo kita amalkan pesan-pesannya.

Indeks Al Quran berdasarkan Topik & Al Quran Terjemahan Bahasa Indonesia merupakan salah satu panduan yang sangat penting untuk dimiliki umat Islam. Dengan adanya Indeks Al Quran berdasarkan subjek atau topik tertentu kita mendapat kemudahan untuk baca Al Quran dan mempelajarinya. Sehingga tidak ada halangan lagi bagi kita untuk akrab dan dekat dengan Al Quran yang seharusnya menjadi pedoman hidup dan sumber inspirasi.

indeks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

in·deks /indéks/ n 1 daftar kata atau istilah penting yg terdapat dl buku cetakan (biasanya pd bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yg memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan

Fungsi Indeks :

Fungsi indeks adalah :

1. Mempermudah pembaca memahami suatu kata yang belum dimengerti.
2. Mempercepat pembaca ketika ingin menemukan suatu topik pembicaraan.

Jenis-jenis Indeks :

1. indeks subjek : adalah indeks yang merujuk pada suatu topik
2. indeks nama : adalah indeks yang merujuk kepada nama nama pengarang atau pemilik teori yang disebut dalam buku.

Dalam penyajiannya, indeks subjek juga disajikan secara terpisah (sendiri-sendiri), adapula yang disajikan menjadi satu (digabung) dengan nama indeks saja.

Cara memanfaatkan indeks Al Quran.

Langkah-langkah menggunakan indeks :

1. Tetapkan subjek atau topik yang akan dicari!
2. Kemudian bukalah daftar indeks al Quran!
3. Berdasarkan petunjuk nomor surat dan ayat, segerelah mencari ke nomor ayat yang ditunjuk tersebut.
4. Dalam halaman itu, akan ditemukan subjek/ topik yang dicari, topik itu ada yang disebut bisa jadi hanya di satu halaman dan ada juga yang disebut di beberapa halaman

Untuk Pemesanan bisa menghubungi Admin di SMS 081319107800

0 komentar:

Posting Komentar