Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

1ST INDONESIAN NASHEED AWARDS 2011

Written By Rudi Abu azka on Selasa, 15 Maret 2011 | 17.39

PESTA NASYID DI ANUGERAH NASYID INDONESIA DALAM
Gegap Gempita malam anugerah nasyid masih terasa. Mengharu biru, bangga, senang, membaur dengan sempurna. Alhamdulillah Allah memberikan banyak kemudahanNya.

Untuk pertama kalinya, mimpi bagi banyak temen2 munsyid direalisasikan malam tadi [12/3], mimpi berkumpul dengan semua jenis musik nasyid, mimpi untuk tetap menjaga ukhuwah sesama munsyid, mimpi untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi syiar Islam ini, mimpi untuk bisa memberikan apresiasi akan segenap karya munsyid tanah air, mimpi ‘anugerah’ versi Allah yang Maha Sempurna dan ‘anugerah’ versi manusia yang kami coba gelar dalam satu malam puncak INDONESIAN NASHEED AWARDS 2011. Alhamdulillah.

Dan malam hari tadi semua menjadi saksi bahwa berada di jalan dakwah syiar Islam [baca:bernasyid] menjadi satu hal penting, melahirkan inspirasi dan yang terpenting melahirkan ukhuwah. Kami yakin malam tadi ribuan pasang mata menyaksikan dengan beragam perasaan; tertawa, terharu, harus berkaca-kaca dan bahkan terisak menahan tangis akan sebuah pagelaran akbar ini. Semoga Allah menguatkan kami untuk terus dapat melaksanakannya di tahun2 selanjutnya.

Forum Silaturahmi Indonesia bekerja sama dengan Aliansi Radio Islam Indonesia dan Islamic Book Fair 2011 dengan bangga mempersembahkan INDONESIAN NASHEED AWARDS 2011. Sejak Awal acara ini dimulai tribun2 atas di Panggung Utama IBF2011 sudah mulai dipadati para pengunjung yang –mungkin—juga memiliki perasaan dan rasa penasaran yang sama, seperti apa pagelaran malam puncak ini untuk yang pertama kalinya pula??lihatlah betapa nasyid masih menjadi jawara di hati masing2 pencintanya..

Acara dimulai tepat jam 7 malam dibuka dengan ‘kemegahan’ opening yang disambut applause luarbiasa oleh seluruh pengunjung main stage malam itu..serasa bergetar dan gemuruh takbir pun membahana. MC Wulan Furie dan Zulfahmi segera mencairkan suasana pembukaan INA2011 malam itu dengan dresscode biru mereka.

Edcoustic menjadi pengisi acara pertama yang menampilkan karyanya malam tadi dengan Jalan Masih Panjang, kembali sambutan penonton yang luar biasa mengiringi Duo Bandung ini, nyaris sempurna. Dilanjutkan dengan pembacaan Award yang pertama untuk Kategori Acapella Lagu dan Grup Favorit yang dibacakan oleh perwakilan IBF Mas Guntur dan Pak Cecep dan memenangkan AWAN-KEKASIH ALLAH untuk kategori Lagu Acapella Favorit dan GRADASI untuk Grup Acapella Favorit.

Jeda diputarkan videoklip terbaru Maher Zain versi Melayu yang dinyanyikan dengan sempurna oleh Fadli—PADI membuat penonton semakin ‘jatuh cinta’ pada karya2 Maher Zain

Dilanjutkan pembacaan Award untuk kategori HAROKI, dengan nominator yang demikian ketat, smeua memiliki tmpat di hati masing2 nasyid lovers Indonesia akhirnya dimenangkan oleh SHOUTUL HAROKAH dengan BANGKITLAH NEGERIKU untuk kategori Lagu Haroki Favorit dan IZZATUL ISLAM untuk kategori Grup Nasyid Favorit.

Selanjutnya Kategori Musik yang dibacakan oleh Ali Ahmad dan Oki KCB di lagu favorit THE CS memenangkan kategori Lagu Favorit disusul SNADA untuk Kategori Grup Musik Favorit dan Opick untuk Solois Musik Favorit.

Persembahan SNADA selanjutnya menyihir penonton untuk terus bertahan dan menyaksikan hingga usai acara. Dan kemudian untuk kategori Islamic Romatic dibacakan oleh Bang Agus Idwar beserta Istri Gies di atas panggung, gelak tawa dan geerrrr penonton mulai membahana saat Bang Agus menebarkan romantisme pengantin baru di atas panggung pas sekali dengan kategori yang akan dibacakannya Islamic Romantic dan akhirnya dua kategori Islamic Romantic untuk Lagu dan Solo/Duo/Grup Favorit diborong oleh pasangan yang disatukan oleh nasyid yakni pak Dokter Kang Suby dan Teh Ina, luarbiasa!!, selanjutnya keduanya langsung diminta untuk senandungkan Lagu Andalannya ‘Di Ujung Penantian’.

Suasana panggung masih gegap gempita sampailah pada Kategori Terkahir dan Puncak Kategori Mancanegara yang dibacakan oleh Produser Nasyid dan Owner Book Store Demi Masa Pak Irwan bersama FATIMA [Nia Paramitha dan Pipiek Uje] dan berhasil memenangkan Maher Zain.

Semakin lengkap Award malam tadi selain 5 kategori yang sudah disiapkan oleh panitia ada dua Penghargaan untuk Pioner Nasyid Haroki bagi IZZATUL ISLAM dan Pioner Nasyid Acapella bagi SNADA. Kembali eksistensi keduanya masih sangat bergengsi.

INA malam itu chemistrynya semakin terasa saat sebuah penghargaan life achivement diberikan untuk Inspiring People di dunia nasyid, yang telah berjasa dengan segenap usahanya nasyid mulai dikenal masyarakat luas, nasyid merambah ke luar negeri, melalui kerja keras beliau yang tak pupus hingga kini, AGUS IDWAR JUMHADI mantan personel SNADA yang saat ini memilih untuk bersolo karier, penghargaan diberikan oleh Tim Nasyid SNADA, jadi teringat akan penuturan salah seorang personel RAIHAN saat berkunjung ke INdonesia, Agus Idwar yang diingatnya, katanya dulu, Agus Idwar yang membawa Raihan ke Indonesia dan membuka pintu persahabatan hingga bisa ke mancanegara tapi memang semua tak lepas dari jerih payah siapapun yg peduli akan perkembangan nasyid di tanah air. Suasana panggung sedikit haru, memang beginilah; nasyid harus bangun dan bangkit karena di dirikan oleh orang2 yang hebat agar syiar Islam itu tetap terjaga yang terbungkus dalam sajian universal: musik. Semoga bisa menginspirasi!!

Acara semakin lengkap saat Izzatul Islam tampil dan menyajikan 2 nasyid terbaik mereka GAZA dan JEJAK yang memang diminati dan berada di beberapa chart nasyid di radio Islam Tanah Air. Kembali seisi ruangan main stage bergemuruh semangat jihad trebungkus rapid lm balutan nasyid bergenre haroki ini.

Acara demi acara berjalan sempurna dengan bantuanNya, hingga sampailah pada penghujung acara sebuah persembahan nasyid dari Aa Gatot dengan senandung dari Opick.

Alhamdulillah banyak harapan tersembul dari acara ini, mulai dari harapan akan kembali digelarnya tahun depan, digelar lebih megah dan lebih sempurna lagi hingga harapan nasyid bisa dikenal lebih jauh di masyarakat, masuk ke media televisi dan kembali berjaya beberapa tahun lalu.

Daftar Pemenang 1st Indonesian Nasheed Award 2011
1. KATEGORI ACAPELLA

A. LAGU FAVORIT = AWAN—KEKASIH ALLAH
B. GRUP FAVORIT = GRADASI


2. KATEGORI HAROKI



A. LAGU FAVORIT = SHOUTUL HAROKAH—BANGKITLAH NEGERIKU

B. GRUP FAVORIT = IZZATUL ISLAM


3. KATEGORI MUSIK

A. LAGU FAVORIT = THE CS—MAMA BUNDA UMMI APAPUN NAMANYA

B. DUO/GRUP = SNADA


C. SOLOIS = OPICK

4. KATEGORI ISLAMIC ROMANTIC

A. LAGU FAVORIT = SUBY-INA DI UJUNG PENANTIAN

B. SOLOIS/DUO/GRUP = SUBY-INA


5. KATEGORI MANCANEGARA

MAHER ZAIN—BAROKALLAHULAKUMA



KATEGORI KHUSUS:

* PIONEER NASHEED HAROKI = IZZATUL ISLAM



* PIONER NASHEED ACAPELLA = SNADA



* LIVE ACHIVEMENT FOR INSPIRING PEOPLE = AGUS IDWAR JUMHADI





Sementara untuk PESTA NASYID lainnya yakni Lomba Nasyid IBF 2011 telah meloloskan ;

1. Revha Voice--Surabaya

2. Beat Capella -- Jakarta

3. Dhia Acapella -- Jakarta

Harapan I : Pizzicapella-- Jakarta

Harapan II: Fortento--Jakarta

Harapan III: Rafah-- Bogor



Selamat Untuk Para Pemenang. Kembali blantika Musik Nasyid tanah Air diramaikan oleh bibit2 dan generasi baru. Maju Nasyid Indonesia!!



Teirmakasih buat semua teman, rekan dan sahabat yang tak dapat disebut satu persatu, rekan di Asosiasi Nasyid Nusantara Pusat dan Wilayah Nasyid di seluruh tanah Air dari Sabang hingga Merauke, Organisasi Nasyid di Tanah Air, FSNI, BNC, Forum Nasyid Garut, dll. Produser music, label major dan indie, musisi, arranger music, rekan-rekan media di ALIANSI RADIO ISLAM INDONESIA [ARIN]; Sabili On Air 1530 AM Jakarta, Nuris 107.8 FM Tangerang, Asy-Syafi'iyah 792 AM Jakarta, Erdamah 107.7 FM Tangerang, Dakta 107 FM Bekasi, IC Radio 108 FM, MQ 102.7 FM Bandung, Lita 90.9 FM Bandung, MH 92.1 FM Solo, Stara Radio 106.9 FM Majalengka, Suara Muslim 93.8 FM Surabaya, A-Radio 101.1FM Lampung, Jazirah UMB 104.3FM Bengkulu, DJ 98.9FM Dumai, Jambi 103.5FM, Seulaweut 91FM Aceh, Suara HMM 106 FM Papua, media partner kami Laa Tahzan TV, Alif TV, Moslem Girls Indonesia, Majalah Sabili, Harian Republika, sponsorship kami; Bank Syariah Mandiri, Enervon-C "Biar Ngga Gampang Sakit", PNM (Permodalan Nasional Madani), Demi Masa Production, Idhan Kreasi, www.batikita.com dan semua komponen nasyid, temen-temen panitia; FSNI, IBF, SOC[Sabili On Air Community], Lya, Inun, Dymeh, Iqbal kuadrat;), Cahyana, temen2 Erdamah kru; mba Endang, mas Rangga, Om Iwan, temen2 Nuris, Asy-syafi’iyah AM, IC Radio, temen2 penyiar ; Rifki, Izam Dicky, Kiki Nuris, Fariz, Fatih, Fauzan fadli, Agus, sound engineering Yogia Mulyagara, temen2 Pizzicapella Fajar, Yoga-Yogi, Hikmah dan Hayu, Photografer kita Lukman, D’mesej’er; om Ridwan, GRADIAN, SNADA, Snada Kids, Idhan, Om Irwan Demi Masa, Om Iim [Rahiem]-somay nya enak b^^. Pengisi Acara INA; SNADA, IZZIS, EDCOUSTIC, SUBY-INA, Solois Ali Ahmad, Pembaca Award; Oki Setiana Dewi, Agus Idwar dan Istri, Pak Cecep dan Bang Guntur di IBF2011, FATIMA, Maher Zain Indonesia, Para Pemenang Kategori di INA2011 "Semua Untuk Munsyid Indonesia"...Semuanya yang tak dapat disebut satu persatu.Sukses Nasyid Indonesia!!



SAMPAI JUMPA DI INDONESIAN NASHEED AWARDS 2012

1 komentar:

Fauzi Hasan Ar-Rosyid mengatakan...

subhanallah,,, wahhh mski tdk bsa lihat namun bsa merasakan nih nuansanya..... ^_^ fauzi dari jogja

Posting Komentar