Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Film Maryam Al Muqoddasah

Written By Rudi Abu azka on Sabtu, 13 April 2013 | 15.12


Maryam Binti Imran ( Maryam al-Muqaddasah, Maryam Moghaddas, Maryam Adhraa, The Blessed Saint Mary ).

Film The Blessed Saint Mary karya sutradara Shahriar Bahrani tahun 2002 di Iran, yang menggambarkan kehidupan Maryam, ibu dari Nabi Isa dan kelahiran Nabi Isa menurut Islam yang di jelaskan Al Qur'an pada surat ke 19 (Maryam), film ini juga menampilkan Nabi Zakaria yang dalam Islam adalah wali dari Maryam.

film ini mengisahkan tentang maryam sejak kecil sampai dewasa. settingnya juga bagus.  Hana bernadzar kelak maryam akan mengabdi di baitul maqdis. sebagai ibunda, hana sering menyambangi maryam tapi hanya sekedar melihat dari jendela untuk melepas rindu.Disaat-saat terakhir, Hanna mencoba melihat maryam meskipun saat itu sakit-sakitan. Hana di papah saudaranya untuk melihat maryam. di sana ia menunggu momen-momen itu., saat melihat maryam membawa air, sang bibi memanggilnya tapi sang ibu menghindar. Yah, karena ia sudah berjanji. dan saat maryam kecil berada di jendela. sang bibi menanyainya. kabarnya bagaimana selama di baitulmaqdis. dan maryam menanykan bagaimana kabar ibunya.

Sang bibi menoleh ke hana yang saat itu menangis. maryam tidak bisa melihat ibunya karena ibunya bersembunyi. “baik” kata sang bibi. demi menghibur maryam ia mengatakan itu semua padahal hanna sudah sakit-sakitan. maryam pun mendo’akan ibunya dan pamit untuk bekerja di baitul maqdis. tak lama kemudian hanna pulang dan di saat ia keluar rumah ia terjatuh dan meninggal.


Di episode yang lain, seperti dalam alqur’an,pernah waktu itu nabi Zakaria masuk dan menjumpai maryam memakan buah-buahan. dengan heran Zakaria bertanya.  Dan antara yang mengkagumkan adalah, walaupun dia tidak pernah keluar dari mihrabnya, akan terdapat buah-buahan tersedia buatnya yang datang entah dari mana. Lebih menakjubkan, buah-buahan musim panas muncul ketika dia menghadapi musim sejuk, dan buah-buahan musim sejuk muncul ketika dia menghadapi musim panas. ini di abadikan di al-qur’an

“Tiap-tiap kali Nabi Zakaria masuk untuk menemui Maryam di Mihrab, ia dapati rezeki (buah-buahanan yang luar biasa) di sisinya.” Surah Ali-Imraan ayat 37.

Satu hari di mihrab Maryam, Nabi Zakaria yang menyedari akan keajaiban itu bertanya:
“Nabi Zakaria bertanya: Wahai Maryam dari mana engkau dapati (buah-buahan) ini?” Surah Ali-Imraan ayat 37.
Dan Maryam pun menjawab:
“Maryam menjawab: Ialah dari Allah, sesungguhnya Allah memberikan rezeki kepada sesiapa yang dikehendakiNya dengan tidak dikira.”  Surah Ali-Imran ayat 37 . Subhanallah.
dan pada saat ia mengambil air karena di baitul maqdis menipis,ia pun mengambil air di tempat lain. dan disanalah, jibril datang menemuinya dengan sosok manusia yang sempurna.

“Aku adalah seorang utusan Tuhanmu.” begitu kagetnya ia. kemudian jibril memberi kabar gembira bagi maryam bahwa nantinya akan lahir Isa. namun
“Maryam berkata: Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorangpezina!” (QS. Maryam: 20)
Jibril berkata; “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (surat Maryam: 21)

…Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 35)
ada beberapa penbdapat tentang kehamilan maryam ada yang mengatakan Kandungan Maryam berbeda dengan kandungan umumnya wanita. Ia tidak merasakan sakit dan tidak merasa berat, ia tidak merasakan sesuatu telah bertambah padanya dan perutnya tidak membuncit seperti umumnya WAllahua’lam. dan ketika sudah saatnya,ia pergi ketempat jauh . disanalah ia sangat kelelahan berhenti disebuah pohon kurma.
ia bersandar dan merasa sangat kelelahan.

‘Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan. “ dan proses persalinan berlangsung di sana dan melahirkan Isa AS .

“Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu ahan mengugurkan buah kurma yang masak kepadamu makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu rnelihat seorang manusia, maka katakantah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.’” (QS. Maryam: 24-26) di film ini di visualisaikan dengan baik. ketika maryam akngkat kaki, munculah mata air dan ketika menggoyang pohon kurma dan jatuhlah kurma.
saat pulang bermacam-macam hasutan ia terima . ada yang menuduh berzina dan lain-lain namun karena ia puasa jadi tak bicara sekalipun orang lain menyuruhnya segera bicara.

“Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan suatu perbuatan yang amat mungkar. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah orang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina.” (Maryam: 27-28)maryam hanya memberi isyarat kepada orang yang memakinya  untuk bicara dengan bayi.

Mereka berkata, “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih berada dalam ayunan?

Berkata Isa, “Sesungguhnya, aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku masih hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” (Surat Maryam: 29-33)
akhirnya tuduhan itu di jawab oleh Isa AS .
 

Film ini buatan Iran. sama seperti film ashabul kahfi. (tujuh pemuda yang di abadikan alqur’an yang tidur 309 tahun- ini ceritanya pas tahun 50 jadi setting tempat tidak jauh dari kondisi di film maryam) butuh berjam-jam untuk menontonnya .Dalam DVD ini ada 12 episode.

Pada versi Film ini, Nabi Zakaria tidak ditampilkan mukanya, hanya cahaya saja.Demikian juga malaikat Jibril tidak di perlihatkan di film ini..wallhua’lam. Film ini mengandung pelajaran yang berharga. belajar memahami alqur’an dan sejarah Film ini memiliki etika dan adab dan sama sekali tidak menyimpang dari alqur’an. Wallahua’lam.


Isi 2 DVD
Bahasa Arab. Subtitle Bahasa Indonesia. 12 Episode

2 komentar:

bagus pranata putra mengatakan...

aq mw dvd nya, gmn caranya aq bisa dpt dvd nya?

bagus pranata putra mengatakan...

7CDF828C
083833606606
tanks

Posting Komentar