Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Mengapa Perlu Terapi Dengan Al Qur'an?

Written By Rudianto on Senin, 21 Oktober 2019 | 13.22


Kehidupan yang kita lalui di rumah maupun di tempat kerja selalu berhadapan dengan masalah. Di rumah tangga kita harus memenuhi kebutuhan keluarga, anak, istri suami, setiap hari. Di tempat kerja kita harus memenuhi kewajiban dan target yang ditetapkan atasan. Hidup kita terus menerus didesak oleh tuntutan kebutuhan. Keadaan ini berlangsung siang dan malam tanpa henti, pikiran kita dipenuhi persoalan hidup, bila kurang waspada kita bisa lupa diri, lupa kepada Allah, lupa akan makna hidup, Akibatnya kita merasa tertekan, stres dan merasa dikejar-kejar.
Tekanan hidup menyebabkan kita lelah dan mudah sakit. Kehidupan manusia diliputi oleh berbagai macam penyakit. Penyakit di dalam diri berupa penyakit psikis (kejiwaan) dan penyakit fisik (raga), keduanya saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80 % penyakit fisik diawali oleh gejala-gejala penyakit psikis, Penyakit psikis atau kejiwaan di satu keluarga berubah menjadi penyakit perilaku.
Penyakit ini akan menular kepada anggota keluarga yang lain. Akibatnya kehidupan berkeluarga menjadi
resah gelisah. Penyakit keluarga yang sangat meresahkan ini disebabkan oleh sifat amarah, dendam, cemburu berlebihan, pembohong, egois, masa bodoh dan lain- lain. Penyakit keluarga ini bila dibiarkan meningkat menjadi penyakit masyarakat. Penyakit-penyakit di kehidupan ini terus menghantui
kita. Zaman modern ini sangat berbeda bila dibandingkan masa lampau dimana tingkat kesibukan masih rendah.
Seorang petani di pedesaan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan lingkungannyapun lebih tenang. Sedangkan orang yang hidup di perkotaan berhadapan dengan kesibukan tinggi dan tekanan hidup yang besar. Tekanan hidup merupakan salah satu sebab timbulnya penyakit. Dalam masyarakat modern sekarang ini kecenderungan pengobatan medis yang menggunakan bahan-bahan kimia sangat diandalkan padahal pengobatan medis ini banyak menimbulkan efek samping.
Selain dampak negatif dari efek samping pengobatan medis ada juga dampak positifnya dan banyak pula orang yang sembuh dari sakitnya melalui pengobatan medis ini. Efek samping pengobatan medis yang sering kali membahayakan kesehatan telah menumbuhkan minat  orang yang sedang sakit untuk mencoba pengobatan alternatif. Salah satu pengobatan alternatif adalah yang bersumber dari ajaran agama, khususnya agama Islam.
Karena itulah orang di perkotaan memerlukan obat stres, salah satunya yang bersumber dari agama.
Pembelajaran agama yang diperlukan adalah yang dirancang khusus tidak hanya sebagai pengetahuan tetapi juga berfungsi sebagai terapi untuk mengobati jiwa dan raga. Allah menurunkan Al Qur'an yang berfungsi untuk mengobati manusia secara menyeluruh.
(وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَاۤءࣱ وَرَحۡمَةࣱ لِّلۡمُؤۡمِنِینَ وَلَا یَزِیدُ ٱلظَّـٰلِمِینَ إِلَّا خَسَارࣰا)
"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zhalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
[Surat Al-Isra' 82]
Sebagian besar pelajaran Al Qur'an yang diberikan kepada masyarakat saat ini dalam rangka memahami tulisan Arab, diterjemahkan, ditafsirkan atau sekedar untuk bacaan. Pembelajaran seperti ini diperlukan dalam rangka menambah pengetahuan. Sebenarnya Al Qur'an tidak hanya sekedar pengetahuan tetapi ada tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu berfungsi sebagai obat kehidupan dan obat berbagai macam penyakit. Untuk mencapai tingkat ini perlu peningkatan proses pembelajarannya.

Ramai saat ini kita menyebutnya Proses Terapi Qur'ani. Istilah Terapi Qur'ani memiliki arti dan makna sebagai berikut :
Terapi adalah melakukan sesuatu secara teratur, terprogram dengan baik dan berulang-ulang untuk
tujuan memperbaiki diri agar menjadi lebih sehat dan memperoleh kehidupan yang lebih baik.
Terapi Qur'ani adalah melakukan pembelajaran Al Qur'an secara khusus, teratur, terprogram dengan baik untuk tujuan memperbaiki diri pribadi menjadi lebih sehat dan lebih baik secara fisik maupun mental, yang selanjutnya akan berdampak lebih baik bagi keluarga dan masyarakat.
Proses Terapi Qur'ani ini akan bermanfaat bila orang yang menjalani nya memiliki keimanan dan
kesadaran di dalam dirinya. Kesadaran ini menjadi modal utama dalam proses penyembuhan.
📮 Abu Azka

0 komentar:

Posting Komentar