Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

KEUTAMAAN BULAN ROMADHON

Written By Rudi Abu azka on Jumat, 21 Agustus 2009 | 11.12


Romadhon adalah bulan yang dirindukan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan pernbebasan dari api neraka. Di dalamnya Alloh SWT menurunkan kitab yang mulia, yang merupakan petunjuk dan cahaya. Di dalamnya pula Allloh memberikan kemenangan besar bagi hambaNya pada saat perang Badar. Romadhon adalah bulan istimewa, sungguh merupakan nikmat yang sangat besar apabila seseorang berjumpa dengan bulan Romadhon dan dapat memakmurkannya dengan berbagai amal sholih demi mencari ridho Alloh.

Sungguh sangatlah rugi orang yang tidak bisa meraih keutamaan-keutamaan Romadhon, bahkan menyamakan bulan Romadhon dengan bulan-bulan yang lain. Marilah berlomba-lomba untuk mendapatkan semua keutamaan Romadhon agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia akhirat.

ROMADHON BULAN AL-OURAN

Alloh SWT menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mu'minin, memibing kepada jalan yang lurus, menjelaskan jalan petunjuk yang diturunkan pada malam Lailatul Qodar di bulan

Romadhon yang penuh kebaikan, Alloh SWT berfirman:"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Romadhon, buIan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..." (QS. a]-Baqoroh [2): 185)

SETAN DIBELENGGU, PINTU-PINTU NERAKA DITUTUP DAN PINTU-PINTU SURGA DIBUKA

Pada bulan Romadhon kejelekan menjadi sedikit, karena jin-jin jahat dibelenggu dengan rantai, mereka tidak bisa leluasa merusak manusia sebagaimana bebasnya di bulan yang lain. Kaum muslimin sibuk dengan puasa hingga hancurlah syahwat, dan juga karena bacaan al-Qur'an serta seluruh ibadah yang mengatur dan membersihkan jiwa, Alloh SWT berfirman:"Wahai orang-orang yang beri.man diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa". (QS. al-Baqoroh 12]: 183)

Karena itulah pintu-pintu neraka ditutup dan dibuka pintu-pintu surga, amal-amal sholeh banyak dilakukan dan ucapan-ucapan yang baik berlimpah ruah, Rosululloh SAW bersavda: “Jika dating bulan Romadhon, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhori 4/97 dan Muslim 1079)

Semuanya terjadi di awal bulan Romadhon yang diberkahi, berdasarkan sabda Rasulullah SAW “ Jika telah datang awal malam bulan Romadhon, diikatlah para setan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu-pintu neraka, tidak ada satu pintu-pintu yang dibuka dan dibukalah pintu-pintu suega, tidak ada satu pintupun yang tertutup. Berseru seorang penyeru; "Wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orangg yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Alloh Azza wajalla mempunyai orang-orang yang dibebaskan dari neraka, itu terjadi pada setiap malam." (Diriwayatkan Tirmidizi: 682 dan Ibnu Kbuzaimall 31188 J1hasankan oleh Syaikh al-Albani di dalam Shohih Jami'Shoghir: 756)

TERDAPAT DI DALAMYA MALAM LAILATUL QODAR

Di antara keutamaan bulan Romadhon yang penuh berkah adalah adanya malam Lailatul Qodar yang lebih baik daripada seribu bulan, Alloh berfirman:
"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (al-Quran) pada Lailatul Qodar (malam kemuliaan) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu para malaikat turun dan malaikat Jibril dengan izin Robbnya untuk mengatur segala urusan Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit Fajar". (QS. al-Qodr: 1-5)

0 komentar:

Posting Komentar