Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Mukadimah Panduan Ramadhan

Written By Rudi Abu azka on Jumat, 21 Agustus 2009 | 08.54


Segala puji bagi Alloh kita memuji-Nya, merninta pertolongan-Nya dan. memohon ampunan-Nya. Kita berIindung kepada Alloh dari jeleknya diri kita dan jeleknya amal perbuatan kita. Siapa saja yang diberi petunjuk Alloh maka tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan siapa saja yang disesatkan maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya dan kaum muslimin setelahnya yang mengikuti mereka hingga hari kiamat.

Termasuk di antara bukti kebesaran rohmat Alloh kepada kaum muslimin adalah diciptakannya bulan Romadhon di setiap tahun. Bulan ini adalah bulan yang sangat istimewa, amatlah merugi orang yang menyamakannya dengan bulan-bulan yang lain sehingga dia tidak menitipkan amal ibadah kepadanya kecuali hanya sedikit.

Mereka adalah saudara-saudara kita yang belum mengilmui keagungan dan kemuliaan bulan Romadhon sehingga berbagai macam ibadah yang itu merupakan kesempatan. beramal dianggapnya sebagai beban yang berat dan menyiksa. Berpuasa di siang hari, qiyamul lail dengan. sholat dan tilawatul quran, i'tikaf dan zakat di penghujung Romadhon serta sholat ied dan. berbagai arnal ibadah yang tidak bisa disebutkan satu persatu di sini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan. Janganlah sekali-kali menganggapnya sebagai beban yang memberatkan.

Di sisi lain, ada pula saudara-saudara kita yang salah dalam. memanfaatkan momen. Mereka mengisi bulan yang mulia ini dengan hal-hal yang mengundang murka Alloh. Adat istiadat penyambutan bulan Romadhon yang keluar dari rel syariat, pelaksanaan ibadah puasa yang belum benar, dan banyaknya kesalahan yang sering kita jumpai adalah bukti kurangnya ilmu yang shohih di kalangan kaum muslimin di Indonesia.

Alhamdulilah, hanya dengan kehendak dan pertolongan Alloh, kami dapat menghadirkan sebuah tulisan bersambung yang diambil dari beberapa maraji, yang mana tulisan ini membahas "fiqihnya" bulan Romadhon, kami mengharap tulisan ini dapat menjadi bahan "pertolongan pertama" bagi penyembuhan penyakit acuh sebagian kaum muslimin terhadap syariat yang mulia. Tidak jarang kita menjumpai saudara kita berpuasa asal berpuasa, sholat asal sholat, zakat asal zakat, haji asal haji tanpa memperhatikan bimbingan Rosululloh yang diabadikan para imam dan ulama ahlus Sunnah.

Merupakan hal yang dimaklumi bahwasanya puasa memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam dan bahwasanya seseorang yang berpuasa akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang agung yang diberikan oleh Alloh. Pahala ini berbeda-beda antara muslim yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan ittiba'nya terhadap puasa Rosululloh M, sebagaimana diisyaratkan oleh Rosululloh dalam sabdanya;
"Berapa banyak orang yang puasa,bagian dari puasanya hanyalah lapar dan haus (semata) " (HR. ibnu Majah dalam Sunannya 1/539, Darimi daiam Sunannya 2/211, Ahmad dalam Musnadnya 2/441,373, dan Baihaqi dalam Sunan KubrO 4/27o dan dishohihkan Syaikh al-Albani di dalam Shohihul Jami': 3490)

Oleh karena itulah maka wajib atas seorang muslim agar menelaah sifat puasa Nabi SAW berserta kewajiban-kewajiban yang berhubungan dengannya serta adab-adabnya dan kemudian mengamalkannya.

Akan tetapi realita yang ada menunjukkan bahwa kaum muslimin tidaklah semuanya memiliki kesempatan dan untuk menelaah langsung kitab-kitab para ulama tentang masalah puasa, sehingga kami memandang untuk ditulis kembali atau disusun sebuah tulisan yang memuat bahasan yang ringkas dan memuat hal-hal yang urgen dan praktis didalam ibadah puasa Ramadhan ini pada sebuah Blog Nurisfm yang diperuntukkan bagi pengunjung setianya.

Dalam pembahasan ini kami tambahkan koreksi-koreksi atas kesalahan yang banyak terjadi di kalangan kaum muslimin dalam menjalankan ibadah puasa dan amalan-amalan yang lainnya di bulan Romadhon dengan harapan semoga tulisan ini menjadi sarana perbaikan bagi ibadah kita sehingga semakin baik dan semakin berpahala sisi Alloh SWT.

Semoga tulisan yang bersahaja ini bisa menjadi sarana di dalam mengarahkan kaum muslimin di dalam menunaikan ibadah puasa yang shohih yang diterima di sisi Allah SWT.

Ya Alloh teguhkanlah kami di atas keimanan dan amal sholih, hidupkanlah kami dalam kehidupan yang baik, dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam dan gabungkanlah kami bersama orang-orang yang sholih. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar