Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Buku Panduan Tahsin Tilawah Al Quran dan Pembahasan Ilmu Tajwid

Written By Rudi Abu azka on Rabu, 15 Februari 2012 | 22.13


Buku Panduan yang sekarang ada di tangan pembaca ini memuat tuntutan-tuntutan bagaimana membaca Al-Qur' an yang baik dan benar. Buku ini merupakan rekaman dari pengajaran yang telah dilakukan oleh penulisnya selama bertahun-tahun karena penulisnya merupakan praktisi yang mengajarkan cara baca Al-Qur' an yang Tartil di berbagai lembaga pendidikan. Dengan demikian, materi-materi yang terekam dalam buku ini telah diujicobakan pada berbagai kesempatan, sehingga keandalannya tidak perlu diragukan lagi." (Prof. Dr. H. Hamdani Anwar, MA. Direktur Pasca Sarjana PT1Q, Jakarta)

"Buku Panduan ini memberi kemudahan dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an yang baik dan benar, lebih khusus bagi Imam shalat dan para Aktifis Pengajar Al-Qur'an yang bacaannya belum sesuai dengan kaidah Tajwid, karena Sistematika penulisanya sangat bagus, yang menunjukkan penulisnya adalah seorang Akademisi dan sekaligus seorang praktisi." (Prof. Dr. KH. Fathurrahman Rauf, MA. Rektor Institut Agama Islam [IAI] Al-Aqidah, Jakarta)

"Buku panduan ini mengajak kita untuk mendalami kembali bacaan Al-Qur'an dan memberikan pemahaman betapa penting membaca AI-Qur'an yang sesuai dengan pedoman Ilmu Tajwid, sehingga melahirkan bacaan AI-Qur'an yang Tartil, yang selama ini banyak disepelekan dan dilupakan oleh para pembaca Al-Qur'an. (Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Amin Aziz. Anggota Dewan Kurator PTIQ, Jakarta)

"Buku ini adalah usaha penulisnya untuk sedapat mungkin bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca melalui tabel-tabel yang memudahkan pembaca memahami seluk beluk persoalan yang ada pada satu bab tertentu. Namun, bagaimanapun bagusnya satu buku Ilmu Tajwid, tetap saja harus dibimbing oleh guru yang mahir dalam membaca Al-Qur'an." (Dr. H. Ahsin Sakho Muhammad, MA. Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an [IIQ] Jakarta)

"Alloh SWT sangat mencintai bacaan Al-Qur'an sebagaimana Ayat itu diturunkan. Untuk bisa membaca Al-Qur'an dengan Tartil harus bertalaqqi dan bermusyafahah kepada yang ahli dalam bidang itu dan memerlukan buku panduan. Buku ini sangat baik untuk dijadikan pedoman perbaikan bacaan Al-Qur'an bagi kaum Muslimin dan muslimat." (Dr. KH. Mushlih Abdul Karim, MA. Dosen Pasca Sarjana PTIQ Jakarta, Dosen LIPIA Jakarta)
Buku Panduan ini merupakan bentuk upaya dan usaha untuk menjaga kemurnian bacaan AI-Qur'an riwayat Hafsh, pada setiap bab dimulai dari pembahasan yang merujuk pada kitab Tajwid aslinya dan buku Tajwid yang lain, skema sebagai bentuk ringkasan pembahasan, dan disertai lembar latihan untuk akselerasi kualitas bacaan yang sesuai dengan kaidah Tajwid, sistematika penulisan buku seperti iii jarang dibahas dalam buku-buku tajwid sebelumnya." (Dr. KH. A. Muhaimin Zein, MA. Ketua Umum/Pimpinan Pusat Jam'iyyatul Qurra' Wal-huffazh [JQH])

"Buku ini merupakan goresan pena dari seorang praktisi yang telah mengikuti dan mengisi di berbagai pelatihan cara mengajarkan Al-Qur' an dan telah menerapkan ilmunya di berbagai lembaga pendidikan dan majlis-majlis ta' lim selama bertahun-tahun lamanya." (Dr. H. Ahmad Zein An-Najah, LC. MA. Dosen Pasca Sarjana UMS Surakarta, LIPIA Jakarta, STID Muhammad Natsir Jakarta)

"Umat Islam di dunia ini di saat membaca Al-Qur'an 85% pada umumnya xnemakai bacaan Riwayat Hafsh, dan di Negara-Negara Asean 100% memakai bacaan Riwayat Hafsh. Atas hadirnya buku panduan ini saya ikut senang dan bersyukur kepada Alloh SWT. Semoga buku ini menjadi pedoman untuk menjaga keaslian bacaan Al-Qur'an riwayat Hafsh & menjadi pedoman ntuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an bagi Qori & Qori'ah, Hafidz & hafidzah." (H. uammar ZA. Qori' terbaik tingkat Internasional thn 1981).

0 komentar:

Posting Komentar