Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

PESANTREN SABTU – AHAD FAHIM QURAN

Written By Rudi Abu azka on Senin, 06 Februari 2012 | 09.53


LATAR BELAKANG
Berangkat dari pemikiran bahwa masih banyak anak-anak muslim yang belum mendapatkan porsi pendidikan keagamaan Islam yang cukup, khususnya di bidang Tahfizul Quran baik disekolah mereka maupun di rumah. Dan inilah yang menjadi sebab utama dari semakin merosotnya kecerdasan intelektual, emotional serta spiritual anak-anak sehingga menyebabkan kemerosotan akhlaq anak. Maka lahirlah gagasan pemikiran untuk membentuk suatu wadah pembinaan anak sholeh dan sholeha yang kami beri nama PESANTREN Sabtu – Ahad FAHIM QURAN”

TUJUAN
Keberadaan “PESANTREN Sabtu – Ahad FAHIM QURAN” ini diperuntukkan bagi : Anak-anak muslim seluruhnya khususnya di kota Jakarta yang ingin mengisi waktu liburan sekolah (Sabtu-Ahad) dengan hal-hal yang bersifat positif, namun semuanya dilakukan tanpa kehilangan keceriaan liburan.

VISI
“Mencetak generasi robbani yang hafal Al-Qur’an, cerdas Al-Qur’an, dan berakhlaq Qur’ani“

MISI
1. Dengan pendekatan dan cara ajar ala Metode Fahim Quran, kami mendekatkan, mendidik dan mengajarkan Al-Qur'an kepada santri agar mereka mencintai, menghafal, mampu membaca dengan benar, serta melatih mereka untuk merenungkan dan mengamalkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.
2. Dengan pendekatan dan cara ajar ala Metode Fahim Quran, kami mendidik peserta dan melatih mereka untuk terbiasa dan cinta dengan ibadah-ibadah rutin maupun tambahan seperti sholat wajib dan sunnah, dsb.

KATEGORI MATERI PEMBINAAN
a. Mentoring : membentuk dan membangun paradigma yang benar terhadap Al-Quran dan kajian keislaman yang meliputi bidang ; Aqidah, Ahlak, Adab Islam, dan Ibadah Praktis.
b. Tahfizul Qur’an : Materi hafalan sesuai dengan target yang dicanangkan, dan murajaah sebagai pemeliharaan dan penguatan hafalan.
c. Pelajaran membaca Al-Qur’an dan Tahsinul Qira'ah : (Perbaikan bacaan Al-Qur'an)
d. Outdoor Activity : Dengan pendekatan kinestetic yang tinggi, kegiatan yang bersifat lapangan ini ingin melatih dan mengasah semua kecerdasan multiple anak.

CONTOH DETAIL KEGIATAN
a. Mentoring : ceramah multimedia, bedah film, nonton bareng film-film Islami, pembacaan kisah-kisah berhikmah Islami, sholat jamaah berjamaah baik wajib maupun sunnah (fajar, duha, qiyamulail) dsb.
b. Tahfizul Qur’an : Talaqi Klasik, game murajaah, menghafal dengan tools tahfiz FQ, dsb.
c. Pelajaran membaca Al-Qur’an dan Tahsinul Qira'ah : Klasik, game-game huruf hijaiyyah, penggunaan multimedia, dsb.
d. Outdoor Activity : Game-game lapangan, olah raga, bela diri, dsb.

KURIKULUM PENDIDIKAN
Kegiatan ini berlangsung selama 6 bulan atau kurang lebih 24 minggu yang kita hitung sebagai 1 semester dengan target hafalan 1 Juz dan setiap akhir semester diadakan Ujian.

JADWAL KEGIATAN SANTRI
Sabtu
WAKTU
KEGIATAN PENGAJAR / PENANGGUNG JAWAB KETERANGAN
15:00 – 15:30 Absen dan Persiapan Shalat. Panitia
15:30 – 16:00 Shalat Ashar Berjamaah, Dzikir, berdoa. Ust. Huda
16:00 – 17:00 Tahfizul Quran Ust. Sobari
17:00 – 18:00 Mentoring Ust. Purwanto
18:00 – 19:30 Persiapan Shalat, Shalat Maghrib Berjamaah, Dzikir, Berdoa dan Murajaah Ust. Huda
19:30 – 20:00 Shalat Isya Berjamaah, Dzikir, dan Berdoa. Ust. Sobari / Ust Irvan
20:00 – 20:30 Makan malam Panitia
20:30 – 21:00 Bedah Film / Kisah Islami / Nonton Bareng Film-film Islami. Ust. Purwanto
21:00 – ......... Tidur
Minggu
WAKTU
KEGIATAN PENGAJAR / PENANGGUNG JAWAB KETERANGAN
04:00 – 06:00 Bangun, persiapan Shalat, Qiyamullail, sunah Fajr, Subuh Berjamaah, Dzikir, Berdoa dan Tahfiz Ust. Sobari / Ust Huda
06:00 – 06:30 Break (Susu dan Snack) Panitia
06:30 – 07:00 Murajaah Ust. Sobari
07:00 – 08:00 Outdoor Activity Ust. Sugeng
08:00 – 09:00 Mandi, Makan Pagi Panitia
09:00 – 10:00 Tahsinul Quran Ust. Sobari / Ust Irvan
10:00 – 11:00 Kajian Islam Ust. Purwanto
11:00 – 12:00 • Evaluasi Mentoring
• Evaluasi Tahsin
• Evaluasi Tahfiz Ust. Purwanto, Ust Irvan, Ust. Sobari
12:00 – Shalat Dhuhur Berjamaah, Dzikir, berdoa, dan Pulang Ust. Huda
NB : Jadwal dapat berubah sesuai dengan kondisi.

WAKTU, TEMPAT, DAN FASILITAS PELAJARAN
Tempat
PESANTREN Sabtu – Ahad FAHIM QURAN membutuhkan tempat yang strategis dan representatif, terdapat ruang indoor dan outdoor serta fasilitas menginap yang memadai. Alhamdulillah Fahim Quran diijinkan untuk menjalin kerjasama dengan Pesantren pembinaan muallaf ; An-Naba Centre. An-Naba Centre mempersilahkan Fahim Quran untuk menggunakan beberapa ruang yang akan digunakan untuk tempat belajar dan menginap, serta ruang pendukung lain termasuk halaman, mushalla, aula, dan toilet.
Setiap bulan, Fahim Quran menganggarkan Rp 50.000,- dari SPP santri untuk diberikan kepada An-Naba Centre sebagai infak agar dapat digunakan untuk perawatan dan pemeliharaan gedung maupun untuk keperluan pesantren An-Naba Centre lainnya.
Fasilitas Belajar
PESANTREN Sabtu – Ahad FAHIM QURAN membutuhkan sarana belajar :
1. Projector dan layar presentasi.
2. Mushaf Al-Quran
3. 1 buah Komputer
4. Peralatan tulis guru (Whiteboard dan spidol)
5. Tools Tahfiz Fahim Quran
6. Perlengkapan untuk kegiatan Outdoor Activity
Fasilitas Menginap
Setiap santri PESANTREN Sabtu – Ahad FAHIM QURAN membutuhkan :
1. Matras, bantal dan selimut.

TIM PENGAJAR DAN TIM PENDUKUNG
Insya Allah Tim Pengajar kami adalah orang-orang yang memiliki komitmen khusus terhadap Al-Quran. Mereka memahami urgensi dari “Interaksi anak terhadap Al-Quran”. Mereka mengenal anak dan dunianya. Mereka adalah Hafiz dan hafizah lulusan Mesir, PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Quran), dan IIQ (Institut Ilmu Quran).

0 komentar:

Posting Komentar