Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Keutamaan Shalat

Written By Rudianto on Senin, 07 Mei 2012 | 12.25

Syaqiq Balkhi, seorang syeikh dan ahli shufi yang terkenal berkata, "kita akan mendapatkan lima hal melalui lima cara, yaitu :
1. Keberkahan rezeki melalui shalat dhuha.
2. Cahaya di dalam kubur melalui shalat tahajud.
3. Kemudahan menjawab pertanyaan munkar dan nakir melalui bacaan al-Qur'an.
4. Kemudahan melintas titian shirath melalui puasa dan sedekah.
5. Naungan Arsy Ilahi melalui dzikrullah dalam keadaan sendirian.

Di dalam berbagai kitab hadits banyak sekali hadits yang menegaskan pentingnya shalat serta keutaman-keutamaannya, sehingga sulit dan terlalu banyak jika dituliskan keseluruhan. Berikut adalah beberapa terjemahan hadits dari beberapa hadits Rasulullah saw :

1. Perintah pertama yang diturunkan Allah swt kepada umatku adalah shalat, dan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalat.

2. Takutlah kepada Allah mengenai shalat ! Takutlah kepada Allah mengenai shalat ! Takutlah kepada Allah mengenai shalat !

3. Pembatas antara seseorang dengan syirik adalah shalat.

4. Ciri seorang muslim adalah shalat. Seseorang yang mengerjakan shalatnya dengan hati yang khusyu, menjaga waktu-waktunya dan memperhatikan sunnah-sunnahnya, maka dia adalah seorang yang beriman.

5. Allah swt tidak mewajibkan sesuatu yang lebih utama daripada iman dan shalat. Seandainya ada sesuatu kewajiban yang lebih utama daripada itu niscaya Allah swt akan memerintahkan para malaikatNya yang sebagian dari mereka senantiasa ruku' dan sebagian lagi terus menerus sujud.

6. Shalat adalah tiang agama.

7. Shalat menghitamkan mulut syetan.

8. Shalat adalah cahaya bagi orang yang beriman.

9. Shalat adalah jihad yang paling utama.

10. Selagi seseorang menjaga shalatnya, maka Allah swt mencurahkan seluruh perhatianNya, tetapi jika ia melalaikan shalatnya, maka perhatian Allah akan terlepas.

11. Apabila suatu musibah turun dari langit, maka orang-orang yang memakmurkan masjid akan terhindar darinya.

12. Apabila seseorang masuk ke dalam neraka jahannam disebabkan dosa-dosanya, maka api neraka tidak akan membakar anggota tubuh yang digunakan untuk bersujud.

13. Allah swt mengharamkan api neraka bagi anggota tubuh yag digunakan untuk bersujud.

14. Amal yang paling disukai Allah swt adalah shalat tepat pada waktunya.

15. Keadaan manusia yang paling disukai Allah swt adalah ketika dalam keadaan sujud, yaitu keningnya menyentuh tanah.

16. Sedekat-dekat seseorang kepada Allah adalah ketika dia berada dalam keadaan sujud.

17. Shalat adalah anak kunci pintu surga.

18. Seseorang yang sedang melaksanakan sholat berarti mengetuk pintu yang maha kuasa, sebagaimana orang mengetuk pintu, maka pasti akan dibukakan baginya.

19. Kedudukan shalat dalam agama adalah seperti kepala pada badan.

Itulah keutamaan shalat yang harus kita perhatikan baik-baik. Mulai sekarang marilah bersama-sama meningkatkan kualitas shalat kita, menambah kuantitas shalat sunnah kita, dan memperbaiki cara shalat kita agar kualitas shalat kita semakin meningkat…