Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

IN-TRACK NASYID

Written By Rudi Abu azka on Selasa, 22 Januari 2013 | 14.57

IN-TRACK merupakan kelompok nasyid baru kelahiran Sarawak. Dibarisi 5 anak muda, membawa satu variasi irama nasyid dengan gelombang musik tersendiri.

Anggota kelompok In-Track yang merupakan mahasiswa Universitas Malaysia Sarawak (UNIMAS) dipertemukan melalui satu ujibakat untuk bergabung Festival Nasyid Kemerdekaan Antara IPTA anjuran Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP) pada tahun 2009. In-Track, ketika itu dikenal sebagai kelompok Da'My untuk mewakili UNIMAS dan berhasil maju ke babak final festival nasyid tersebut.
Bertitik tolak dari pertemuan itu, ikatan ukhwah mulai terjalin antara anggota malah kesenorokan menyampaikan dakwah melalui lontaran vokal harmoni mulai terasa. Setelah mengadakan musyawarah, anggota-anggota kelompok In-Track mencapai kata sepakat untuk mengabadikan ukhuwah dan dakwah dalam bentuk kompilasi yang bisa dibagi bersama. Maka lahirlah album pertama In-Track pada 6 Februari 2010 hasil titik peluh dan modal yang dikeluarkan sendiri oleh anggota-anggota In-Track.
Pemilihan nama In-Track juga melalui satu proses musyawarah yang panjang. Setelah memeras ide bersama, maka nama In-Track disetujui sebagai nama kelompok. Pemilihan nama tersebut dianggap unik karena melalui satu kata, beberapa maksud dan interpretasi dapat dilahirkan. Walau sering dikaitkan memiliki persamaan dengan nama kelompok nasyid yang ada, namun pemilihan nama ini mengandalkan alasan yang kokoh dan langsung tidak terdetik untuk meniru setiap nama kelompok nasyid yang lain.
Kata In-Track berasal dari kata inggris interact yang berarti interaksi atau komunikasi. Interaksi yang dimaksud adalah hubungan bilateral antara In-Track dan para pendengar. Selain itu, In-Track juga memiliki maksud dalam landasan atau rute. Melalui lagu dan musik, jelas In-Track ingin menyampaikan kepada pendengar bahwa landasan yang tepat adalah berlandaskan Al-Quran dan as-sunnah. Kata track juga berarti data atau sering mengacu pada lagu-lagu di dalam CD. Dengan kata lain, segala pesan yang ingin disampaikan terkandung di dalam lagu-lagu dendangan In-Track.

 Bagi sahabat yang ingin lebih tahu banyak perkembangan grup nasyid ini silahkan bisa mengunjungi laman di
https://www.facebook.com/nasyid.intrack 
Sumber


0 komentar:

Posting Komentar