Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Tentang Kami

Written By Rudianto on Jumat, 05 Juni 2009 | 14.50

RADIO NURANI ISLAM SHOUTH (NURIS FM)
“Radio Keluarga Pilihan Utama”


Sesungguhnya segala pujian hanya layak ditujukan kepada Allah. Shalawat beriring doa keselamatan semoga senantiasa terlimpah kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan segenap pengikut mereka yang setia hingga akhir masa. Amma ba’du.
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar ketakwaan kepada-Nya. Dan janganlah kalian mati melainkan dalam keadaan sebagai seorang muslim.” (QS Ali ‘Imran 102).

Mengajak umat manusia untuk beribadah kepada Allah (baca:dakwah) adalah sebuah tugas yang sangat mulia. Bagaimana tidak, sebab hal itu menjadi cerminan kepedulian seorang insan terhadap kebahagiaan sesamanya. Terlebih lagi, dengan dakwah manusia akan tersadar akan hikmah penciptaan dirinya. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah ku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah (hanya) kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat : 56).

Di samping itu, dakwah kepada Allah memiliki keutamaan yang sangat besar, sebesar apapun peran yang kita berikan, baik berupa waktu, tenaga, ataupun materi maka Allah menjanjikan pahala yang melimpah. Bahkan 1 rupiah yang kita infakkan dijalan Allah maka akan Allah lipat gandakan sampai 700 kali bahkan bisa jadi lebih dari itu, Allah berfirman (yang artinya), “Perumpamaan orang - orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan llah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 261).

Rosulullah bersabda, "Demi Allah, seandainya Allah memberi hidayah kepada seseorang dengan sebab dirimu maka itu lebih baik bagimu daripada onta merah." HR Bukhari.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan memperoleh pahala sebagaimana orang yang melakukannya." (HR. Muslim).

Agar dakwah islam ini berkembang dengan baik maka dibutuhkan kerja sama dari berbagai elemen, oleh sebab itu dalam kesempatan yang sangat berharga ini, Radio Dakwah Islam Yayasan Masjid Nurul Ittihad ingin menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif kepada kaum muslimin dan muslimat untuk mendukung usaha berjalannya operasional stasiun pemancar radio dakwah Islam ini.

Kami berharap kepada Allah, semoga kerjasama ini bisa mendekatkan diri kita kepada Allah dan dapat menyumbangkan manfaat sebesar-sebesarnya bagi peningkatan iman dan takwa dalam diri umat Islam di Tangerang pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Radio siaran masih tetap diperlukan oleh masyarakat, walaupun kehadiran dunia elektronika visual seperti televisi setiap hari selalu hadir di mata masyarakat. Radio merupakan salah satu media masa, fungsi radio disamping sebagai sarana untuk hiburan juga sebagai sarana informasi, pembangunan, promosi dan pendidikan. Peranan Radio sangat penting sekali manfaatnya dalam rangka membangun manusia Indonesia yang progresif melalui radio siaran, pesan-pesan pembangunan dapat disampaikan dengan mudah dan cepat kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali baik bagi mereka yang tinggal diperkotaan maupun mereka yang dipedesaan. Upaya kearah hal tersebut perlu didukung oleh perangkat keras (Hard ware) yang baik dan jangkauan yang memadai.

LATAR BELAKANG

Kreativitas industri merupakan wujud nyata dan harapan baru bagi daerah Tangerang dan sekitarnya yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Selain itu dengan luasnya wilayah Provinsi Banten dan penduduknya dengan golongan ekonomi menengah kebawah yang lebih besar. Sehingga sangat diperlukan sekali sebuah LSM yang membantu meningkatkan taraf hidup dan kualitas SDM didaerah Ciledug. Pengemasan khasanah seni keterampilan dan kreatifitas dalam menyampaikan pesan-pesan moral dalam rangka merangkul masyarakat untuk hidup disiplin adalah dengan cara menyajikan informasi sekaligus hiburan.

Sehubungan dengan itu kami Yayasan Masjid Nurul Ittihad, sebuah Lembaga Swadaya masyarakat yang selama ini berkiprah dalam misi sosial baik dalam pelayanan pembinaan sosial, pelayanan pendidikan. Dengan ini menyelenggarakan radio siaran komunitas di Kelurahan Paninggilan dan sekitarnya.
Dengan nama Radio Nurani Islam Shout disingkat NURIS ”Radio Keluarga Pilihan Utama”, dengan posisi sebagai radio komunitas da’wah , kreatifitas dan layanan masyarakat didaerah Kelurahan Paninggilan dan sekitarnya, yang pada akhirnya seiring dengan kerja keras dan tekad yang bulat, misi utama Radio Nurani Islam Shouth adalah ”Untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui pembinaan sosial dan kemasyarakatan dalam arti seluas-luasnya menjadi pusat pelatihan profesi masyarakat menengah kebawah dan meningkatkan kualitas masyarakat Kelurahan Paninggilan dan sekitarnya dapat terwujud.



MAKSUD DAN TUJUAN

Nurani Islam Shouth (NURIS FM) didirikan dengan maksud dan tujuan:
1. Meningkatkan promosi obyek-obyek penting di kelurahan Paninggilan dan sekitarnya.
2. Memberikan tambahan informasi pembangunan baik regional nasional yang efektif dan edukatif.
3. Memberikan sarana hiburan bagi masyarakat di Kelurahan Paninggilan dan sekitarnya dan sekitarnya.
4. Menambah pengetahuan serta meningkatkan wawasan lingkungan masyarakat dan memberikan sarana layanan komunikasi antara produsen dan konsumen juga antara pemerintah dan masyarakat.

VISI DAN MISI
VISI
1. Radio komunitas menjadi media rakyat untuk mendapatkan akses informasi komunitas lokal.
2. Terbangunnya opini publik melalui radio komunitas yang memihak pada kepentingan masyarakat.
3. Membangun informasi untuk memperjuangkan hak-hak dasar (based right) masyarakat
4. Sebagai media pilihan dan penyejuk hati keluarga muslim, guna membentuk pribadi yang bertauhid, berpegang teguh dengan Sunnah, dan menjauhi segala bentuk kemaksiatan dengan menyebarkan bimbingan hidup dari Al-Qur'an dan As-Sunnah.
MISI
1. Menfasilitasi masyarakat untuk memediasi masalah-masalah komunitas dan dapat memperoleh informasi sesuai yang dibutuhkan komunitas.
2. Menciptakan informasi yang berimbang antara pusat, daerah dan komunitas lokal.
3. Sebagai media advokasi masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak dasar masyarakat..
4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia masyarakat basis pengembangan media rakyat.
5. Sebagai alat yang digunakan untuk media kontrol dan partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan daerah. Memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mempelajari ajaran Islam terutama bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari majelis-majelis ta’lim.
6. Membentengi umat Islam dari berbagai pemikiran sesat, gaya hidup menyimpang, dan gerakan pemurtadan yang demikian gencar. Menyebarkan ilmu syar’i di tengah -tengah masyarakat dengan pemahaman yang benar sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada para sahabatnya.
7. Menyajikan program acara yang berkualitas dengan menitik beratkan pada program yang edukatif dan memperhatikan keragaman tingkat pemahaman pendengar. Membina pribadi muslim yang beraqidah lurus, berakhlak mulia, dan sabar dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

KEGIATAN

Radio NURIS FM memiliki spesifikasi program dan penyajian yang lain
daripada yang lain dikarenakan :

1. Radio ini insya Allah dipancarkan dari Masjid Nurul Ittihad, Komplek Paninggilan Permai, Parung Serab - Tangerang melalui frekuensi FM komunitas. Radio ini bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, informasi, dan sosial keagamaan
2. Selain melalui pemancar radio FM, siaran radio ini juga bisa dinikmati melalui jaringan internet oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja di bumi ini selama memiliki koneksi internet -alhamdulillah radio internet ini sudah berjalan alamat website http://nurisfm.blogspot.com/ dan cara mendengarkan melalui alamat streaming di
http://radionuris.co.tv
http://radionuris.comm
menggunakan winamp atau audio player lain di URL http://radionuris.co.tv:8000

3. Program kajian live dari Masjid Nurul Ittihad, Parung Serab-Tangerang.
4. Acara bedah buku setiap pekan yang menyajikan materi-materi mendasar dan membahas topik-topik aktual secara langsung- sehingga memungkinkan untuk pendengar menanyakan berbagai permasalahan yang mereka temui.
5. Kajian interaktif setiap pekan dengan membahas materi aqidah, Fikih, Shiroh, Kesehatan, Keluarga dan lain-lain.
6. Menyajikan murottal Al-Qur'an, do'a-do'a, dan rekaman pengajian umum serta kajian islam intensif yang selama ini telah banyak diadakan di kota Jakarta dan sekitarnya.
7. Menyiarkan pengajian umum bulanan yang diadakan oleh Ikatan Remaja Masjid Nurul Ittihad dan Yayasan Masjid Nurul Ittihad dengan menghadirkan pemateri yang bertaraf nasional sepeprti Ust Restu Sugiarto (Ust Cinta), Ust Yususf Mansur, dan lain-lain yang ada disekitar wilayah Tangerang..