Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Puncak Dari Keresahan Hidup

Written By Rudi Abu azka on Rabu, 10 Agustus 2011 | 08.57


Penyebab keresahan dalam hidup manusia menurut pandangan Islam sangat banyak tetapi yang menjadi puncak utama ialah:
1. Tidak adanya iman atau lemahnya iman seseorang.
2. Percampuran antara iman dan syirik.
3. Kurangnya kesadaran bahwa dalam usaha manusia ada ketentuan Allah yang Maha Berkuasa.Manusia hanya sebagai makhluk yang diciptakan dan berada dalam kekuasaanNya.
Firman Allah artinya : “Dan kepunyaan-Nyalah apa-apa yang di langit dan di bumi,
semua makhluk tunduk kepadaNya” (Surah aR-Rum : 26)
4. Kurang menghayati dan mengamalkan kehidupan berumah tangga berlandaskan ajaran Islam.
Ibu bapak atau pembantu kurang memberi perhatian ilmu pengetahuan dan pendidikan keagamaan kepada anak di samping ilmu pengetahuan yang lain.
5. Kebebasan dalam pergaulan tanpa didasari dengan keimanan. Sehingga bisa mempengaruhi manusia melakukan perkara yang haram.
6. Manusia terlalu membanggakan ilmu pengetahuan hasil dari pemikiran akal manusia tanpa disertai iman, sedangkan pemikiran manusia amat terbatas.
7. Pengaruh makanan dan minuman haram ke atas umat Islam secara sadar atau tidak sadar.
8. Adanya penyakit rohani yang membahayakan dan merusakkan pribadi dan martabat manusia seperti hasad, dengki, khianat, dusta, takabur, riya’ dan sebagainya.
9. Kurangnya kesadaran rasa syukur sewaktu mendapat nikmat Allah S.W.T. dan terlalu mementingkan urusan duniawi.
10. Senantiasa diselubungi perasaan bersalah atau berdosa karena telah melakukan perbuatan terkutuk yang bertentangan dengan hati nuraninya sehinga terjadi konflik batin. Konflik batin ini
menyebabkan gangguan fikiran seperti tidak tenteram dan tertekan.

Semoga dengan apa yang disampaikan dapat menjadi peringatan, nasihat dan bimbingan terutama pada diri kita dan seluruh kaum muslimin dan muslimat dalam rangka menyempurnakan disiplin kehidupan
agar senantiasa memperoleh taufik, hidayah dan rahmat dari Allah S.W.T.

0 komentar:

Posting Komentar